Ragu pada Kebenaran Pesan Berantai? Begini Cara Memeriksanya:


Maunya nulis panjang, tetapi saya yakin pembaca tak mau berlama-lama membaca dan langsung gulung turun untuk menemukan bagian yang menjelaskan tentang mencari cara untuk memeriksa kebenaran sebuah artikel/pesan berantai yang diterima melalui medsos. Wajar, karena saya juga begitu...hahaha.... Jadi, langsung saja.
Ketika menerima berita dan meragukannya, langsung periksa di mesin pencari, misalnya google dengan menggunakan sejumlah kata utama dalam berita dan diikuti kata hoax atau fake. Misalkan kita menerima pesan tentang minuman yang berbahaya karena mengandung aspartam dan ragu akan kebenaran berita tersebut, maka bisa kita cari dengan kata kunci sebagai berikut:


Setelah tekan "enter" akan muncul hasil seperti ini


Selanjutnya silakan dipilih berita daring mana yang akan dibaca. Disarankan membaca lebih dari satu sumber dan pilih sumber terpercaya untuk lebih membuka wawasan.

Dengan demikian, ketika menerima pesan berantai, jangan buru-buru ikut menyebarkan, walau mungkin isinya bagus dan bermanfaat, tetapi siapa tahu di balik keindahan itu ada secuil kesalahan/kebohongan yang bisa saja berakibat fatal.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih sudah mampir 🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Tangkai "Sesirat" dari Bambu "Sesirat" adalah sarana upacara yang terbuat dari rumput ilalang yang digunak...